SELAMAT MEMBACA !

Sabtu, 04 Agustus 2012

Fakta Unik Ramadhan :)


Fakta Unik di Bulan Ramadhan
Mungkin untuk postingan kali ini aku memang tidak membuat gambar atau memasang foto hasil sendiri, karena keterbatasan dari alatnya sendiri. Jadi aku hanya memaksimalkan dari apa yang telah ada, yakni menggunakan HPku untuk posting artikelku di blog dan mengambil gambarnya dari (esq-news).
Okey kembali lagi ke pembahasan mengenai artikel yang akan aku buat kali ini, artikel ini akan mengisahkan dan memberitahukan serta menginfokan beberapa kejadian atau fakta-fakta terunik di bulan ramadhan. Diatas sudah dijelaskan bahwasanya ada tiga bagian utama di bulan ramadhan ini, mulai dari 10 hari pertama, 10 hari kedua, hingga 10 terakhir menjelang Hari Raya Idul Fitri Tiba.
Apa saja keunikan-keunikan tersebut yang patut dan perlu sobat blogger ketahui? Semuanya itu akan aku paparkan dan akan aku sampaikan kepada sobat blogger semuanya, tapi sebelumnya tahan dulu. Sebelum membaca, sediakan snack atau cemilan yang lainnya serta sediakan kopi atau minuman yang lainnya agar pada saat membaca artikel ini gak ngantuk dan gak tidur. hehehe (biar tambah penasaran)
Yah ketimbang para sobat blogger semuanya kebingungan dengan apa yang akan aku sampaikan, maka langsung sajalah disimak baik-baik pemaparanku mengenai fakta unik di bulan ramadhan. Mulai dari 10 Hari Pertama, 10 Hari Kedua, hingga 10 Hari Terakhir:

10 Hari Pertama

Nah pada 10 Hari Pertama ini, biasanya para sobat blogger yang Muslim biasanya sangat giat-giatnya dan sangat segrepnya menjalankan ibadah puasanya. Mulai dari ketika Sahur, Buka Puasa, Tarawih, dan Tadarusan. Hal ini mungkin diakarenakan pelaksanaan puasa bulan Ramadhan hanya sekali dalam satu tahun, jadi sergap banget ketika menyambutnya kehadirannya.
Pada Saat Sahur
Nah pada saat sahur di 10 Hari Pertama ini biasanya sangat bersemangat untuk bangun, terkadang ya meskipun belum ada yang bangunin (Dari Masjid) malah kita sudah bangun terlebih dahulu untuk mulai sahur. Dan terkadang kita yang menentukan Alarm di Jam ataupun di HP kita masing-masing, setelah alarm berbunyi. Maka kita akab segera langsung bangun dan tampa adanya embel-embel malas.
Pada Saat Buka Puasa
Nah ini juga, biasanya ketika akan berbuka puasa biasanya kita akan menunggu didepan makanan 30 menit sebelum adzan Maghrib. Hal ini dikarenakan karena kita belum terbiasa gak makan selama 11bulan, jadi adanya ya terburu-buru. Segala macam makanan akan disediakan, mulai dari makanan A, B, C, hingga Z. (hehehe ya gak mungkin segitunya kali)
Pada Saat Shalat Tarawih
Kemudian pada saat shalat Tarawih, biasanya di Masjid atau di Mushollah tempat kita melaksanakan shalat Tarawih maka akan full dengan para jema’ah. Dan terkadang sampai nambah lagi saking gak muatny selain itu biasanya pada saat shalat Tarawih di 10 Hari Pertama ini biasanya rapat-rapat posisinya serta ngikutin dari awal hingga akhir yakni Shalat Witir.
Pada Saat Tadarus
Pada saat Tadarus biasanya gak akan jauh berbeda dengan shalat tarawih, nah pada saat Tadarusan ini biasanya akan rajin dab anteng membaca ayat suci Al-Qur’an. Hal ini disebabkan oleh banyaknya teman yang juga ikut untuk menghatamkan 30 Juz dari Kitab Suci ini. Dan terkadang gak akan merasakan kecapekan meskipun sudah duduk bersila dalam kurun waktu yang lumayan agak lama.

10 Hari Kedua

Nah pada 10 Hari Kedua ini biasanya rasa jenuh dan rasa malas mulai akan timbul. Dan ada aja biasanya alasan-alasan di bagian ini. Namanya juga manusia ya, dan pastinya manusia bukan hanya pelupa namun juga pemalas.
Pada Saat Sahur
Nah penyakit malas mulai tumbuh dan berkembang disaat akan menjelang waktunya sahur, biasanya setelah mendengr bunyi alarm kita akan langsung bangun dan akan menikmati makan sahur kita. Namun biasanya hal itu tidak akan terjadi si 10 hari kedua puasa di bulab ranadhan ini. Terkadang sampai telat-telat yang mu bangun, dan ada pula yang sahur ketika sudah mendekati waktu Imsak tiba. Sungguh-sungguh Manusia Banget ya sob…? hehehe
Pada Saat Buka Puasa
Nah ketika sudah tiba saatnya berbuka puasa, biasanya hanya makan secukupnya dan dak berlebihan. Hal ini sangat berbeda dengan 10 Hari Pertama.
Pada Saat Shalat Tarawih
Keadaan ini berbeda dengan 10 Hari Pertama sebelumnya, nah kalo biasanya Masjid atau Mushollah sampe full-full.dan butuh tambahan karpet atau Tiker lagi, maka di 10 Hari kedua ini biasanya gak akan ada lagi yang namanya tambahan tiker atau karpet lagi. Karena jama’ah shalat Tarawih biasanya sudah mulai berkuang dari peredaran, gak tau dah pada kabur kemana tuh orang-orang.
Pada Saat Tadarus
Nah biasanya disaat Tadarusan mulai agak males dan kurang bersemangat lagi. Maunya pengen cepet-cepet selesai aja. Ya gak jauh berbeda dengan artikel yang sedang aku buat ini, pengennya tuh cepat selesai. hehe

10 Hari Terakhir

Yang paling parah dan paling seru biasanya terdapat ada 10 Hari Terakhir, kenapa aku ngomong bahwasanya yang paling parah, unik, dan seru tuh di 10 Hari Terakhir? ya karena di hari terakhir ini pastinya ada-ada aja kelakuan dari para sobat blogger semuanya (Biasanya).
Pada Saat Sahur
10 Hari terakhir memang sangat rawan dan bikin orang malas bangun pagi untuk sahur, mungkin karena sudah bosan kali ya dengan yang namanya sahur. Jadi kayaknya mengentengkan banget yang namanya sahur, padahal sahur itu juga penting buat kesehatan. Untuk yang sebelum-sebelumnya bisa jadi faktor telat bangun, namun untuk yang kali ini biasanya disengaja untuk tidak bangun. Dan biasanya malah gak nyalain alarm samasekali agar gak ada lagi yang ganggu. hehehe
Pada Saat Buka Puasa
Disaat berbuka puasapun biasanya kembali ke awak yakni rakus, gak ngerti hal ini karena faktor apa. Apa karena ingin balas demdam atau gimana, yang penting senang aja berbuka puasanya.
Pada Saat Shalat Tarawih
Untuk shalat Tarawih sendiri biasanya tambah berkurang lagi dari sebelum-sebelumnya, kalo sebelumnya tuh biasanya isi masjid mulai 100% - 70% dan sekarang isinya bisa turun lebih drastis lagi yakni 50% atau bahkan lebih turun lagi. Syukur-syukur Imamnya masih ada, lah kalo gak ada kan bisa berabe urusannya.
Pada Saat Tadarus
Tarawih aja males, apalagi tadarusan. Akan tetapi biasanya di 10 Hari Terakhir ini sistem kejar tayang, jadi mau gak mau biasanya aka berusaha untuk menghatamin 30 Juz Al-Qur’an tersebut. Dan hal inilah yang akan memompa serta menyemangati untuk bisaenghatamkannya.
Selain hal-hal diatas, ada juga beberapa tamham mengenai fakta unik di bulan ramadhan ini. Diantaranya adalah biasanya jarang mandi, kenapa aku sampe bilang jarang mandi? ya karena hal ini dipengaruhi oleh faktor yang selanjutnya, yakni karena kerjaannya mas-malasan dan hanya tidur doank seharian. Atau bisa dikatakan “Sleeping Beauty” hehehe…
Hayooo kerjaannya siapa tuh yang sering tidur mulu disaat bulan ramadhan ini? Ngaku deh… yang ngaku tak kasih hadiah deh… hadiahnya apa? hadiahnya senyuman manis dari aku *eaaa* :D
Biasanya di 10 Hari Terakhir ini juga disibukkan dengan yang namanya beli baju/pakaian baru untuk dipakai di hari raya, yang aku tanyakan emang baju yang tahun-tahun sebelumnya pada kemana? lah ngapain beli lagi? eman banget tau, mending duitnya disumbangkan ke Masjid.
Okey mungkin cukup itu aja dulu lah, ntar sobat blogger ngelluh lagi baca artikel yang panjangnya ngalahin kereta api ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | SharePoint Demo