SELAMAT MEMBACA !

Minggu, 09 Desember 2012

Networking Antara Mac dan Windows Networking Antara Mac dan Windows


Kebanyakan pengguna yang berpindah dari Windows ke Mac OS X seringkali kebingungan dengan sistem Networking dikarenakan pengaturan dan antarmuka yang sangat berbeda. berbeda. Artikel ini membahas bagaiman cara mengakses drive network dari Windows 7 atau sebaliknya dan tutorial bagaimana mengaktifkan file sharing di Mac OS X.

Seting Jaringan Lokal

Sebelum bisa mengakses file yang di shared di komputer lain, Mac Anda haruslah berada dalam satu jaringan yang sama. Anda bisa menghubungkan Mac Anda ke jaringan melalui WiFi atau kabel LAN, sebagian besar network biasanya menggunakan DHCP yang akan otomatis. Anda juga bisa setup AdHoc networking dengan mengikuti tutorial ini. Apabila Anda mengalami kesulitan dan tidak bisa tersambung ke jaringan, silakan kontak Administrator jaringan Anda.

Sharing file dengan AirDrop

Untuk Anda yang sudah memakai Lion OS X, Anda bisa mengirimkan file ke komputer lain yang juga memakai AirDrop dan mendukungnya.
Kekurangan dari AirDrop adalah proses persetujuan yang ngejelimet. Mulai dari, mengirim file yang harus menunggu pihak lain untuk memilih Drop Box di sidebar Finder, kemudian menyetujui pengiriman file. Disamping keribetannya, AirDrop bisa menjadi solusi yang cepat tanpa seting apabila jaringan Anda memakai Lion OS X dan mendukung AirDrop. Perlu diketahui AirDrop model Mac lama tidak mendukung AirDrop, cari tahu apabila Mac Andamendukung AirDrop dihalaman ini.

Sharing Public Folder

Versi sharing terbatas lainnya adalah dengan men-share Public Folder di Home. Sharing Public Folder bisa di aktifkan dengan membuka System Preference > Sharing kemudian aktifkanFolder Sharing. Maka akan otomatis folder Public di Home Anda akan tersharing.
Komputer lain di jaringan yang sama bisa melihat nama Komputer Anda di sidebar Finder. Mereka bisa melihat folder Public Anda saja, dan bisa melihat dan menaruh file ke dalamnya.
Sharing Folder Public ini di sarankan untuk pengguna pemula. Untuk Anda yang ingin mengontrol Sharing folder tambahan, silakan baca lanjutannya.

Sharing Folder Lainnya

Apabila Anda ingin sharing folder lain selain Folder Public, Anda bisa menambahkannya dengan menekan tombol + di dalam System Preference > Sharing. Anda juga bisa mengatur akses user mana saja yang bisa membuka dan menulis folder tersebut.

Akun Mac OS X hanya Sharing

Semenjak versi Snow Leopard (CMIIW), Anda bisa membuat sebuah jenis akun yang diperuntukan untuk sharing saja. Hal ini tentunya sangat membantu, karena akun jenis ini tidak akan membuat sebuah Home baru. Untuk membuat sebuah akun sharing, masuk ke System Preference > Users & Groups. Kemudian tekan tombol + dan pilih jenis akun Sharing Only, masukan data yang diinginkan.
Sekarang Anda bisa menambahkan akun Sharing Only tersebut dengan mengikuti langkah sebelumnya. Di komputer lain, Anda bisa mengakses folder yang di sharing menggunakan akun Sharing Only tersebut.

Akses Shared Folder Mac di Windows 7

Mengakses folder yang sudah disharing di Windows 7 sebenarnya mudah, sebelum Windows 7 bisa melihat folder di Mac, Anda harus mengaktifkan dahulu SMB terlebih dahulu.
Buka System Preference > Sharing. Pilih File Sharing dan pilih folder shared anda, klik tombol Options.  Kemudian aktifkan Share files and folders using SMB (Windows), dan pilihlah akun yang bisa mengakses folder tersebut. Anda akan diminta memasukan password akun tersebut.
Di Windows 7, Anda bisa mengakses Mac dengan mencarinya di Networking, kalau tidak ada ketikan alamat IP komputer Mac Anda yang bisa dilihat di System Preferences. Ketikan nomor IP di address bar Windows Explorer dengan di awali garis miring terbalik dua kali, seperti ini:
\192.168.1.100\Ncus\Wallapaper
Wallpaper adalah nama folder yang telah di share, sedangkan Ncus adalah nama folder Users saya. Windows Explorer akan langsung membuka folder Wallpaper dan akan memintapassword dan username untuk mengaksesnya.
Windows Explorer Networking
Cara lain mengakses shared folder di windows adalah dengan Network Mapping. Sebuah fitur Windows Explorer yang saya sukai, dengan Network Mapping, sebuah shared folderdi anggap sebagai Driver baru. Bagusnya lagi, akan otomatis ter-mount ketika login di Windows.
Klik kanan di sebuah Shared Folder, pilih Map Network Drive. Selanjutnya akan muncul window Map Network Drive, pilih huruf Drive yang diinginkan. Aktifkan “Reconnect at Logon” & “Connect using different credential”, dengan menaktifkan dua opsi tersebut Drive tersebut akan otomatis tersambungkan ketika Anda masuk desktop, dan pilihan kedua supaya Anda bisa memasukan username dan password akun Mac.
Setelah berhasil, maka Anda pun bisa mengakses shared folder Mac lebih cepat, tanpa merambah bagian Network yang lambat.

Mengakses Shared Folder Windows di Mac

Untuk mengakses folder Windows, Mac OS X tidak perlu di setting sama sekali. Pastikan saja kalau folder tersebut telah di shared dengan benar di Windows. Komputer Windows akan muncul di sidebar Finder.
Apa yang harus dilakukan kalau tidak muncul? Pertama-tama cari tahu alamat IP windows tersebut, dengan menggunakan perintah DOS berikut ini. Di Windows ketikan ipconfig di Command Prompt yang bisa buka dengan mengetikan CMD di Start Menu.
. Pilih Finder dan tekan CMD + K, atau akses melalui menu Go > Connect to Server. Masukan alamat IP komputer Windows di awali dengan *smb:// *, contohnya seperti ini:
smb://192.168.0.200
Kemudian tekan tombol Connect untuk mulai merambah komputer Windows.
Anda bisa menambahkan alamat IP atau folder shared Windows ke favorite dengan menekan tombol + di jendela Connect To Server.
Perlu diingat, apabila jaringan Anda memakai DHCP, alamat IP bisa berubah-rubah.

Networking itu mudah

Bagaimana? Networking di Mac gampang kan? Untuk versi Windows Vista atau XP, sistemnya gak banyak berubah koq.
Silakan tuliskan pertanyaan atau tips Anda di komentar di bawah. Semoga tutorial di atas  bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | SharePoint Demo