SELAMAT MEMBACA !

Minggu, 09 Desember 2012

Cara Setting IP Di Linux


Untuk dapat melakukan setting IP di Linux bisa mengguanakan perintah ifconfig. Dengan menggunakan perintah ifconfig, kita dapat menampilkan informasi mengenai konfigurasi kartu jaringan yang terpasang. Pada Linux, kartu jaringan akan dikenali dengan nama eth. Nama eth0 berarti kartu jaringan yang pertama. Jika kartu jaringan lebih dari satu, maka akan diberi nama eth1, eth2 dan seterusnya.
Untuk dapat mengganti setting IP untuk jaringan, harus menggunakan login sebagai root. Contoh perintahnya adalah :
ifconfig 192.168.0.1 netmask 255.255.255.0
Perintah di atas maksudnya adalah bahwa kartu jaringan eth0 diberikan IP 192.168.0.1 dengan netmask 255.255.255.0. Yang perlu anda perhatikan adalah perintah ini hanya bersifat sementara, selama komputer tidak direstart, maka IP tidak akan berubah. Tetapi jika dilakukan restart, maka semua setting IP yang dilakukan akan hilang dan perlu dilakukan penyetingan ulang.
Menyimpan konfigurasi jaringan
Pada Debian GNU/Linux, file konfigurasi jaringan terdapat pada /etc/network/interfaces, dapat dilakukan dengan menggunakan nano.
# nano /etc/network/interfaces
pada file diatas ketikkan syntax berikut :
auto lo
iface lo inet loopback
auto eth0
iface eth0 inet static
address 192.168.0.1
netmask 255.255.255.0
network 192.168.0.0
broadcast 192.168.0.255
setelah diedit simpan file tersebut dari editor. Selanjutnya jalankan perintah /etc/init.d/networking restart. Apabila ingin menggunakan DHCP, ganti iface eth0 inet static menjadi iface eth0 inet dhcp.

Pencarian terkait :

setting ip di linux,setting ip linux,konfigurasi ip di linux,ganti ip di linux,setting ip pada linux,konfigurasi ip pada linux,seting ip di linux,konfigurasi ip linux,cara setting ip di linux,setting jaringan di linux,perintah konfigurasi ip pada linux,merubah ip di linux,perintah untuk mengkonfigurasi ip pada linux,pengertian eth0,mengganti IP pada linux,set ip di linux,pengertian ifconfig,perintah konfigurasi ip linux,perintah konfigurasi ip di linux,seting ip linux,mengatur IP di linux,merubah settingan dhcp linux,setting ip manual di linux,cara set ip di linux,makalah ip-upn,cara set ulang IP pada linux,cara setting ip linux beaktrack,cara setting ip linux terminal,perintah linux mengkonfigurasi ip,set ip linux,network interface configuration linux,maksudnya nano /etc/network/interfaces,download konfigurasi jaringan debian dan cara setting ip,maksud dari auto eth0,makalah tentang ip-upn,configurasi ip di linux,arti eth0 ip,arti ifconfig lo,cara mensetting nano interfaces,settingan ip linux,cara merestart jaringan debian,setting ip terminal linux,perintah linux untuk mensetting interfaces,sintak ngasih ip di linux,sintak linu debian,perintah meyimpan konfigurasi di linux,settingiip di linux,settingan IP pada linux,setting konfigurasi ip pada linux,settingan eth ubuntu berubah,setting ulang pada linux,perintah ifconfig di linux,Pengertian nano/etc/network interface,untuk mengganti IP pada linux,ubah ip statik di debian,pengaturan entho pada linux,pengaturan ip manual di backtrack,pengaturan ip pada linux,pengertian config ip pada linux ubuntu,pengertian dari eth0 dan contohnya,tentang ip configurasi di linux,tabel konfigurasi ip pada linux,pengertian lo dan eth0,seting jaringan di linux,penjelasan tentang konfigurasi ip,setting ip static (network) pada linux,perintah nano pada debian,restart configurasi nano,restart setingan ip pada linux,setting ip linux ifconfig,setting ip lebih dari 1 pada linux,set linux ip,seting ip di linuk,setting ip jaringan,setting ip di linux sementara,seting ip di lunux,setting ip di centos,setting ip address di linux menggunakan nano /etc,setting id linux,perintah untuk mensetting ip eth0,setting IP linux interface,perintah penggantian auti eth0 debian,Perintah perintah konfigurasi ip di linux,setting ip sementara pada linux,perintah setelah diberi ip address pada linux,perintah setting ip dhcp di linux,perintah setting ip dhcp linux,perintah setting ip di linux,perintah setting ip di squid,setting ip menjadi DHPC,perintah setting ip pada linux,perintah untuk mengkonfigurasi ip di linux,setting ip linux nano,setinglinux dijaringan,aktifin ip di linux,cara mengganti ip sementara pada linux menggunakan wifi,cara mengkonfigurasi ip pada lunux,cara menseting ip pada linux,cara mensetting dhcp pada linux,cara menyimpan nano,

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | SharePoint Demo